Ruang Temu – Antara Denting dan Rahasia

10:42 AM


Membaca Ruang Temu karya Maradilla Syachridar di awal, rasanya seperti banyak yang meloncat di kepala saya “ini seharusnya begini” “ini bukan begini” “ini terlalu cepat” dan saya meyakini bahwa pemikiran ini datang karena pada dasarnya ; manusia selalu suka membandingkan, hahhhaah. Novel ini awalnya sungguh sangat sulit saya pahami. Apalagi penuh dengan filosofi yang digunakan penulisnya untuk melukiskan perasaan ketiga tokohnya. Sangat absurd seperti sebuah lukisan surrealis yang ilustrasinya sulit diterka, begitulah yang saya rasakan saat membaca halaman awal novel ini. Tapi, buat saya pantang untuk menutup buku ini sebelum selesai.

‘Mungkin, di antara cinta yang terlihat dan yang terlambat, selalu ada ruang temu rahasia. Dan dia cukup memejamkan mata untuk sampai di sana.’ Salah satu penggalan kalimat di cover belakang buku ini membuat saya tertarik ingin membeli novel ini dan kebetulan Ruang Temu – Antara Denting dan Rahasia berada ditumpukan buku-buku diskon di salah satu mall di Makassar.

Dalam pengantar novel ini, penulis mengungkapkan bahwa kisah ini merupakan sebuah kisah paralel dari Turiya. Sekarang yang jadi pertanyaan, Turiya itu apa? Karena penasaran saya akhirnya googling, tapi malah ketemu beberapa artikel penjelasan di bab buku tersebut. Ternyata Turiya merupakan sebuah eksibisi kenangan. Mungkin bacaan dihalaman 239 dalam buku ini memberi sedikit  pencerahan apa itu Turiya.

“Setiap orang memiliki kisah absurd paradiso yang berbeda dengan versi mereka masing-masing. Pada akhirnya, mungkin ini hanyalah satu dari sekian fase, yang akan segera terhapus oleh fase-fase berikutnya. Jika kemudian  sang waktu menjadi pengingat, suatu hari nanti, kita akan menganggap segala yang terjadi hari ini- dan semua yang kita yakini- tak lebih sebagai kenangan masa lalu yang selalu bisa diam-diam kita tertawakan.”

Deanna, Mielka, dan Rajasa. Dua lelaki dan satu perempuan yang memiliki kehidupan masing-masing. Deanna mahasiswa tingkat akhir di jurusan Sastra Jerman, UPI. Mielka, pelukis yang disewa oleh Rajasa untuk menyelesaikan proyek lukisan hotel Rajasa. Rajasa, kekasih Deanna yang hobi mengoleksi wine, lengkap dengan katalog dan juga mempelajari cara menyesapnya seperti para raja.

Deanna seperti perempuan lainnya sering mudah jatuh cinta pada lelaki yang ia temui. Jika hal itu terjadi, ia sulit mengendalikan perasaannya. Awalnya ia jatuh cinta pada Bian, lalu saat Rajasa menyatakan cinta, De- panggilan Deanna- seketika itu juga luruh pada pesona Rajasa. Begitu pun saat Mielka hadir di antara De dan Raja. Mielka diam-diam memendam perasaannya pada De yang sering menemaninya melukis. Lukisan yang sering berawal dari kesannya terhadap suatu mimpi. Baginya, mimpi bisa jadi sumber ide yang kaya arti. Warna yang dilukiskannya pun seiring dengan warna yang melingkupi mimpinya. 

Hingga suatu hari terjadi apa yang ditakutkan oleh De. Dunia yang ia bangun runtuh ketika Mielka menghilang perlahan. Bayangannya tak bisa tersentuh lagi di alam mimpi. 

Buku ini juga menceritakan bagaimana kisah seputar kegalauan De dan Mielka yang merasa cinta dibelakang Rajasa itu menyiksa. Akhirnya mereka membuat ruang rahasia dalam alam mimpi. Menurut saya, konsep ini unik. Alur ceritanya juga cukup begitu menarik, menggabungkan antara dunia nyata dan dunia mimpi, dimana kita dapat bertemu seseorang yang diam-diam kita suka dalam mimpi. Sangat berbeda dengan novel-novel lainnya,diksinya juga sangat bagus. Hanya saja, karena menggunakan penjabaran dengan gaya filosofi, saya jadi tertegun lama dan lebih berpikir.

Buku ini juga menggelitik  saya untuk jangan lelah menunggu cinta sejati. Bersabar mungkin lebih baik, karena cinta yang sanggup membuat debar di hati itu akhirnya akan datang. Tidak perlu terburu-buru mencari cinta sehingga tidak menyadari kalau debar itu tidak ada.  Seperti pengalaman De- dan Mielka, cinta mereka bukan tersampaikan dan disimpan di dunia nyata, melainkan di dunia mimpi. Dan, hanya memejamkan mata, mimpi itu datang.

 Akankah sepasang bayangan Diana-Mielka dapat keluar dari mimpi dan merajut cinta di dunia nyata? Lalu, bagaimana dengan Rajasa? Seorang perempuan misterius pada akhirnya menjadi pasangan hidupnya. Siapakah sosok perempuan misterius itu? Temukan jawabannya dengan membaca novel ini.
Selamat Berpikir dan Menikmati Bacaan Ini!!!!

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe