Jeffrey Archer – Konspirasi Takdir

2:16 PM




Ketika pertama menemukan buku ini disalah satu toko buku di Serang - Banten, saya langsung tertarik pada bagian ringkasan cerita yang ada dibagian kulit belakang buku karangan Jeffrey Archer – (A Prisoner of Birth). Saya jadi menebak-nebak bagaimana seorang terpidana karena pembunuhan akan bisa menyeret para pelaku sesungguhnya yang masih berkeliaran ke penjara. Apakah ia akan melarikan diri dari penjara? Atau, apakah ia akan melakukan melakukan upaya hukum dari penjara saja? 


Ini merupakan buku pertama Archer yang saya baca. Saya cukup menikmati dengan alur cerita yang cepat dan tidak berbelit-belit. Penggalan babnya pendek-pendek dan saya sangat suka yang seperti itu, jadi tidak terasa kalau ceritanya panjang. Novel ini bercerita tentang perjuangan seseorang untuk membuktikan dirinya tidak bersalah dalam suatu kasus pembunuhan. Si tokoh utama dituduh membunuh sahabatnya sendiri.

Danny Cartwright dikenai tuduhan membunuh Bernie Wilson, sahabat karibnya pada malam dia merayakan pertunangannya dgn Beth Wilson (adik Bernie). Berbagai upaya dilakukan Danny untuk membuktikan dirinya tidak bersalah. Tetapi lawan yg dihadapinya bukan sembarangan, dan dia dinyatakan bersalah dan mendekam di penjara selama 22 tahun.

Danny ditempatkan dalam satu sel bersama Nicholas Moncrieff (Nic), yang memiliki kebiasaan mencatat semua kejadian/peristiwa dalam buku hariannya. Dalam menjalani masa tahanannya, Danny yang buta huruf, mulai belajar menulis dan membaca dibawah bimbingan Nick.

Pertemanan Danny dengan Nick menjadi sebuah persahabatan yang menarik apalagi keduanya memiliki usia sebaya, postur tubuh dan wajah yang sangat mirip. Bahkan Danny 'mendapat kebebasan bersyarat' dari peristiwa tragis 'bunuh diri' Nick, karena dokter yg mem-visum, sipir penjara dan kepala penjara dengan tegas menyatakan Danny lah yg bunuh diri setelah permohonan bandingnya ditolak.
 
Karena semua menganggap Danny adalah Nick, maka sekeluarnya dari penjara, Danny berperan dan berubah menjadi sosok Nick. Rupanya Nick bukanlah orang biasa. Dia merupakan keturunan ningrat Skotlandia dan memiliki warisan yang sangat besar dan kini dalam sengketa, karena sang paman mengklaim semua kekayaan diwariskan kepada sang paman. Dengan diibantu pengacara keluarga Nick, Danny berhasil mendapatkan kembali apa yang menjadi haknya Nick.

Dengan kondisi finansial yang stabil, Danny mulai melakukan aksi membalas terhadap orang-orang yang telah menjebloskannya ke penjara. Sayangnya, sepandai-pandainya Danny menggiring lawannya hingga jatuh, tak urung juga kedok Danny terbongkar. Kini Danny menghadapi tuntutan dan dakwaan yang lebih besar (karena penipuan) dan masa tahanan yang akan lebih panjang. Sanggupkah Danny membuktikan dirinya tak bersalah atas semua tuduhan ?

Secara keseluruhan, saya akui saya menikmati cerita ini. Banyak detail yang harus diperiksa ulang ke bagian depan ketika sesuatu terjadi. Archer cukup berhati-hati merangkai setiap cerita. Konspirasi takdir, subjudul yang tertera pada sampul terjemahan bahasa Indonesia, menjadi jawabannya. Saya menikmati membaca buku ini. Pengarang menyampaikan cerita dengan kecepatan yang cukup pas, tidak berbelit-belit dan tidak membuat bingung pembaca. 

Walaupun alur cerita cepat dan tidak berbelit tapi masih sedikit membingungkan, harus membuka lagi halaman sebelumnya supaya paham, sebab ada beberapa hal yang tidak diceritakan secara detail; seperti latar belakang si tokoh utama. Selamat Membaca!!!!


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe