Bintang Bunting

3:22 PM

Entah kenapa buku ini menarik mata saya. Covernya tidak biasa, ada kesan retro dan modern. Sangat berbeda dengan kebanyakan cover lainnya yang “beraturan”, BINTANG BUNTING dengan cover yang tidak biasa memberikan saya kenikmatan saat membacanya. Ditambah lagi buku ini saya temukan ditumpukan rak buku I book store Serang Banten saat perjalanan dinas beberapa minggu silam.

Butuh setenga hari buat menyelesaikan buku ini. Aktifitas yang monoton selama di kapal saat hendak kembali ke Batulicin membuatku mampu menyelesaikan dua novel sekaligus. Sangat seru, suara mesin kapal diburitan dan senja menemaniku memahami isi tulisan Bintang Bunting karya Valiant Budi dibagian awal yang sangat membingungkan. Semua petunjuk-petunjuk yang dikasih di bab awal pelan-pelan kupahami.

Bintang bunting menceritakan tentang seorang wanita bernama Audine yang punya penyakit aneh. Audine tidak bisa membedakan antara mimpi dan kenyataan. Karena mimpi-mimpi yang dialaminya terasa begitu nyata. Audine punya dua cara yang cukup ampuh untuk mengatasi penyakitnya ini. yaitu dengan bintang dan Mada. Mengenai bintang, yang dimaksud disini adalah gambar bintang. Setiap kali ada kejadian yang dirasa aneh atau penting, Audine akan menggambar satu garis bintang di sebuah kertas yang selalu ia selipkan di ikat pinggangnya.

Dengan begitu Audine akan tau kejadian itu terjadi di alam mimpi atau alam nyata. Karna bila Audine hanya bermimpi, garis bintang itu tentu saja tidak akan ada muncul di kertas nyata. Sedangkan Mada? Mada adalah seorang peramal dan semacam penasehat Audine. Audine sangat percaya pada Mada yang seorang clairvoyance. Mada bisa melihat dan mengetahui apa yang sedang dilihat dan sedang dilakukan Audine.

Bagi Audine, batas antara mimpi dan alam nyata begitu tipis. Bahkan, Audine membutuhkan Mada, sang peramal, dan petunjuk dari gambar bintanng untuk bisa membedakan:mana mimpi-mana kenyataan. Audine lupa, bintang yang ia gambar tidak seperti mitos bintang jatuh. Make a wish and your dream will come true. Setiap coretan garis bintang membawanya pada sebuah kenyataan. Sayang kenyataan tak selalu sesederhana yang terlihat, ia bisa lebih kejam dari fantasi di alam mimpi. Namun, saat tak ada harapan dalam keputusasaan, ternyata bintang-bintang itu memberi petunjuk lebih dari yang dibutuhkan dan kali ini, tak ada pilihan bagi Audine selain tetap terjaga !

Ide ceritanya simpel, cuma bisa dibuat semenarik itu, dan kita tidak akan menemukan jawaban dari ni novel sampai selesai membacanya. Bagi yang menyukai novel dengan twist dan segala yang tidak bisa ditebak, novel ini sangat recomended. Cara bertutur novel ini sangat unik menurutku. Tidak konvensional bahkan cenderung ajaib. Pasalnya, dibeberapa bagian, kita bisa dibuat bingung, berpikir keras untuk menangkap isi ceritanya.

Salah quotes yang saya suka ; "Sepertinya kita memang terlalu sibuk belajar mencintai, sampai lupa bagaimana cara mengatasi kehilangan." Penulis sangat mahir memainkan plot, menyuguhkan tanya dan membuat pembaca penasaran sehingga menghadirkan sebuah novel mutakhir yang tidak basi. Sangat tidak mengherankan bila buku ini tercatat sebagai nominator Khatulistiwa Literary Award 2007. Dan saya juga setuju dengan pendapat Panji dan Gamila di cover belakang: Bintang Bunting menyeruak dari gelapnya rimba tulisan yang monoton di Indonesia. Lalu kenapa bintang-bunting? Silahkan temukan jawabannya dalam novel ini.


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe