Separated ; It Is You, I Stand Still

3:45 PM

Semuanya dimulai pada suatu sore yang tak terduga ketika dua orang dari dunia berbeda terikat untuk selamanya.  Separated ; It is you, I Stand Still karangan Eko menceritakan bagaimana sepasang kekasih yang merupakan manusia dan elf yang mampu memecah pembatas komunikasi dua ras.

Separated merupakan sebuah novel yang menceritakan negeri Folium yang dihuni manusia dan elf. Kedua ras ini dilarang kontak satu sama lain. Pemimpin mereka, Presiden Clorida membuat sebuah “dinding” tak kasat mata agar keduanya tak dapat berhubungan (corp). Semua yang berusaha melewati corp akan mati terkena gelombangnya. Alexander Spark, seorang anak manusia berumur enam belas tahun yang tinggal di Distrik Rome, wilayah kecil di Selatan Folium, tanpa sengaja bertemu dengan elf berambut perak yang cantik. Dan dia jatuh cinta! Peperangan pun tak terhindarkan lagi.

Selama ratusan tahun tak ada satu pun yang berani melawan kekejaman Clorida yang dibenci seluruh rakyat Folium. Ia tak segan membantai satu keluarga jika salah seorang anggotanya melanggar. Alexander Spark yang mengetahui rahasia untuk melewati tembok. Dia menerobos Corp dan masuk wilayah elf. Di hutan, dia bertemu seorang gadis bermata hijau, berambut perak, dan berbadan ramping, namanya Cinnamon.

Setiap hari, Alex menyempatkan menemuinya. Mereka pada akhirnya saling jatuh cinta. Kabar pertemuan mereka sampai juga di telinga Clorida melalui burung mata-mata berjambul kuning, notario. Namun, Alex tak bisa menahan diri untuk tak menemui Cinnamon. Ketika akhirnya bertemu, Cinnamon mengajak Alex ke rumahya untuk bertemu ayahnya, Ramus, yang membujuknya melakukan revolusi melawan Clorida. Menurut Ramus, hubungan Alex dan Cinnamon bisa menjadi pemicu rakyat Folium untuk memberontak.
Kedua ras itu telah menanti ratusan tahun untuk melenyapkan Corp. Ramus, seperti semua rakyat Folium, menginginkan manusia dan elf bisa bersatu, tanpa batasan. Akhirnya, Alex menyetujui rencana Ramus dan tinggal di rumah Cinnamon untuk mempersiapkan segalanya. Di hutan yang jauh dari jangkauan notario, Ramus melatih Alex dan Cinnamon menghadapi perang. Kemampuannya sebagai manusia memang di bawah elf, tapi Alex dipercaya rakyat Folium memimpin revolusi. Ratusan prajurit siap mendukungnya untuk menggulingkan Clorida.

Dalam perjalanannya selama masa pemberontakan, Alex mendapati berbagai kenyataan pahit, harus kehilangan satu-satunya paman karena Clorida membumihanguskan wilayah Rome. Akan tetapi, sebagai pemimpin pemberontakan, Alex tak berniat mundur. Dia pun akhirnya berhasil membunuh Clorida dengan panahnya.

Satu hal tentang novel fantasi karya anak negeri ini sangat Hunger Games. Begitu banyak elemen-elemen di dalamnya yang mirip serial karya Suzane Collins itu, mulai dari keberadaan Presiden Clorida yang otoriter (ingat Presiden Snow?), Alex yang pandai memanah, serta hubungan cinta antara Alex dan Cinnamon yang dieksploitasi sebagai symbol perlawanan (ingat Katniss-Peeta?), dan err Alex yang juga jago memanah.

You Might Also Like

0 komentar

Subscribe