Hujan Punya Cerita Tentang Kita

4:36 PM

"Aku ingin kau tau. Diam-diam, aku selalu menitipkan harapan yang sama ke dalam beribu-ribu rintik hujan : 'Aku ingin hari depanku selalu bersamamu. Dan, mereka tak perlu tau...."  Membaca kalimat ini saja sudah membuat saya penasaran ditambah kata di halaman belakangnya. Lebih terperanjat lagi, ketika tahu bahwa bukunya bercerita tentang cinlok KKN.

Awal cerita sedikit membuat jenuh. Penulis mendeskripsikan sesuatu cenderung berbelit-belit. Mungkin karena itu diawal-awal, sangat sulit menemukan sesuatu yang bisa membuat saya tertarik untuk segera menuntaskan buku ini. Namun semakin ketengah, cerita cinta Kie dan Rangga ditambah cinta bertepuk sebelah tangan Azar kepada Kie dan Krisan pada Rangga sedikit membuat saya ingin mengetahui akhir cerita mereka.

Sebenarnya sih dari pertengahan, endingnya sudah bisa diperkirakan. Tapi terlepas dari itu, kisahnya benar-benar menarik. Banyak kelebihan-kelebihan yang didapatkan dalam novel ini. Mulai dari segi kekayaan bahasa hingga kekuatan alur yang mengajak pembaca masuk dalam cerita hingga merasakan tiap latar dan menerka-nerka setiap hal yang akan terjadi.

“Jatuh cinta kepadamu begitu menyenangkan,seperti meringkuk dalam selimut hangat pada malam yang hujan. Seperti menemukan keping terakhir puzzle yg sedang kau susun”

“Bagiku, hujan menyimpan senandung liar yang membisikan 1001 kisah. Tiap tetesnya yang merdu berbisik lembut, menyuarakan nyanyian alam yang membuatku rindu mengendus bau tanah basah. Bulir-bulir yang jatuh menapak diatas daun, mengalir lurus menyisakan sebaris air di dedaunan. Sejuk, mirip embun"

“Hidup seperti ini. Aku bisa merasakan senja yang bercampur bau tanah sepeninggal hujan. Seperti kanvas putih yang tersapu warna – warna homogen indah. Dentingan sisa – sisa titik hujan di atas atap terasa seperti seruling alam yang bisa membuatku memejamkan mata. Melodi hidup, aku menyebutnya seperti itu. Saat semua ketenangan bisa kudapatkan tanpa harus memikirkan apa pun”

Cerita cinta ini diawali dalam kegiatan KKN di kampusnya. Kinanthi seorang gadis pendiam yang tidak banyak berbicara bertemu dengan seorang gadis cantik bernama krisanti. Krisan adalah orang pertama yang dikenal oleh Kie dalam kelompok KKN nya. Krisan juga mempunyai teman yang bernama Rangga. Rangga adalah pria berkulit hitam manis. Rangga berkenalan dengan Kie. Rangga jatuh hati pada Kie sejak awal dia berkenalan dalam kelompok KKN tersebut. Rangga dan Kie sama-sama menaruh hati. Mereka berdua saling jatuh cinta. Namun, kisah cinta mereka tidak semulus itu.

Siapa sangka jika kebahagiaan yang mereka pupuk sejak awal terpaksa harus ditenggelamkan dalam-dalam demi kebahagiaan orang tua. Ini pulalah yang terjadi dalam Novel Hujan Punya Cerita Tentang Kita yang ditulis oleh Yoana Dianika. Seiring bejalanya waktu Rangga mulai melupakan Kie. Dia tidak bisa terus menerus larut dalam kesedihan Rangga juga punya masa depan yang harus dipikirkan salah satunya meneruskan S2-nya di Jepang sekaligus melupakan kenangannya dengan Kie.

Kenangan yang tak pernah mudah dihapus begitun saja di kehidupannya. Rangga yakin Kie akan bahagia bersama Azar walaupun orang yang memberi kenyamanan Kie bukan Azar. Kini Kinanthi hidup bahagia sama Azar dan dikaruniai anak laki-laki tampan bernama Kelvin. Kelvin adalah ceritanya bersama Kie di bawah rinai hujan menjelang malam pertunangan Kie dengan Azar. Sebenarnya Kelvin adalah rahasia antara Kie dengan Rangga yang akan tersimpan bersama cerita hujan.

Kenyataan pahit ini harus mereka terima demi kebahagiaan orang tua mereka walau sebenarnya hati mereka berontak, tidak terima dengan kenyataan ini. Yang pasti buat mereka hujan selalu menyimpan kenangan indah bersama bersama tetesan air yang membasahi bumi dan wangi tanah yang tersiram air.


You Might Also Like

0 komentar

Subscribe